Written By Job.id on Wednesday, January 13, 2016 | 11:24:00 PM

Kalo kalian Mempuyai  Hp yang tiba tiba putih (hang) jangan dulu dibawa ke tempat service hp
mana tau trick saya ini bisa bermanfaat bagi sobat. yang mempunyai masalah dengan layar putih tersebut.


Flash Ulang

Jika yang anda alami adalah kerusakan di bagian OS maka yang perlu kita lakukan adalah memflash ulang Handphone tersebut, mengenai cara biasanya kita butuh alat khusus untuk memasukkan OS ke dalam HP. dan prosesnya pun berbeda (tergantung merk dan tipenya, akan tetapi jika kerusakan ada di bagian hardware tentu yang kita periksa adalah rangkaian HP nya, cara memperbaikinya tentu harus dibongkar dulu casingnya dan diperiksa apakah ada yang konslet atau kotor karena debu. Berikut beberapa tutorial mengenai kerusakan di mesin HP.

Layar LCD rusak

Cara mengecek apakah layarnya yang rusak atau bukan sebenarnya sangat mudah dan sederhana , yaitu dengan menghidupkan Handphone lalu kita misscall, jika HP bisa berbunyi berarti LCD yang putus atau rusak. Untuk menanganinya tentu harus diganti dengan layar LCD yang baru, Untuk harga Layarnya juga bervariasi yakni tergantung tipe dan merknya. misalnya merk nokia c2 berkisar antara 40rb - 60rb. Sony Ericson w800 berkisar antara 60 - 100rb.

Kabel Fleksibel Putus
Kalau ini yang terjadi kita wajib membeli fleksibel yang baru, itupun kadang agak sulit untuk mendapatkannya, oleh sebab itu jika bisa disambung, yang disambung saja menggunakan serat kabel kecil yang berisolasi (bisa dengan bekas trafo). agar tidak terjadi konsleting di rangkaian HP.

Mengganti LCD
Jika sudak dipastikan layarnya yang rusak maka kita harus membeli layar yang baru jika ingin normal kembali, setelah itu memasangnya, caranya terantung model ponselnya, kadang ada yang menggunakan socket saja, atau ditempel dengan lem bahkan ada yang disolder. Nah jika perlu harus di solder maka anda harus berhati-hati dalam menyoldernya, sebab putus sedikit saja bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu dalam pemasangannya anda perlu berhati-hati.

Mengatasi Blank Karena Kerusakan di Rangkaian
Hal pertama yang biasa saya lakukan adalah dengan membongkar casing secara total, baik itu casing luar maupun bagian dalam, sehingga akan nampak seluruh komponen hp tersebut. Selanjutnya adalah dengan membersihkannya pakai kuas (jika kotor). Lalu saya bersihkan pakai thinner A agar kotoran yang nempel bisa rontok. kemudian dikeringkan sekitar setengah hari atau lebih biar cairan cepat menguap. Sampai disini biasanya saya akan mencoba menghidupkannya kembali. Jika belum bisa menyala normal, tentu diperiksa lagi dibagian Layar Handphone.

Jika anda tidak yakin sebaiknya anda bawa ke tukang service saja, karena mengingat resiko yang bertambah parah pada hp anda hehe. ☺

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Penyebab dan Tips Mengatasi Layar Handphone Blank (putih) atau Hang. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Job.id
feedburner

0 komentar:

Post a Comment

Job.id © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By hitam-manis12.blogspot.co.id , Powered By Blogger